Sarang Burung Walet

Burung Walet adalah burung dari keluarga Apodidae. Burung ini mirip dengan burung layang-layang, namun sebenarnya tidak memiliki hubungan kekerabatannya dengan spesies burung pengicau. Burung walet lebih masuk Ordo Apodiformes, satu ordo dengan Burung Kolibri.

Manfaat Sarang Burung Walet

Beberapa negara seperti Singapura, Hong Kong, dan RRC meludah dilarang keras oleh hukum. Tapi di negara dengan penerapan hukum sekeras Singapura sekalipun, tetap ada satu mahluk yang tak dilarang meludah, bahkan justru dianjurkan karena bisa meningkatkan devisa negara.

Mahluk yang ludahnya begitu berharga itu adalah burung Walet. Dengan air liurnya yang kental itu akan mengering saat terkena udara.

Burung Walet merupakan burung pemakan serangga yang bersifat aerial dansuka meluncur, Burung ini berwarna gelap, terbangnya cepat dengan ukuran tubuh sedang/kecil, dan memiliki sayap berbentuk sabit yang sempit dan runcing, kakinya sangat kecil begitu juga paruhnya dan jenis burung ini tidakpernah hinggap dipohon.

Burung Walet mempunyai kebiasaan berdiam di gua-gua atau rumah-rumah yang cukup lembab, remang-remang sampai gelap dan menggunakan langit-langit untuk menempelkan sarang sebagai tempat beristirahat dan berbiak.

Burung Walet yang membuat sarangnya diatap rumah tua biasanya telah dibudidayakan oleh keluarga atau perusahaan yang menjalankan bisnis seperti ini sejak lama. Karena sifatnya yang alami dan langka, harga jual sarang burung walet gua jauh lebih mahal dibandingkan sarang walet rumahan. Di pasaran juga dikenal istilah sarang burung walet bersih dan kotoor. Yang bersih adalah sarang burung walet yang sudah dicuci dan dibersihkan serta siap untuk dimasak.